Kamis, 12 Maret 2009

ANALISIS DATA MENGENAI SISTEM PENYAMPAIAN PESAN YANG ADA DI PERUSAHAAN PT.SUKSES KARYA PERDANA ( Organizational Communication )

Project Analisis Sistem Penyampaian Komunikasi Ini saya kerjakan secara berkelompok yaitu:
  • Teresia Indriani
  • Lorein evelyn
  • Hanna Wijaya Kusuma
  • Kinara Apsari
  • Revina Febriyanti
project ini kami kerjakan sewaktu kami berada di semester lima. Kami memimilih PT. Sukses Karya Perdana sebagai perusahaan yang akan kami ikut sertakan dalam project kami ini, kenapa kami memilih PT. Sukses Karya Perdana karena perusahaan tersebut sedang berkembang menjadi perusahaan yang maju dan kami mempunyai beberapa koneksi yang memudahkan untuk mendapatkan data yang kami butuhkan dari PT. Sukses Karya Perdana. Sehingga kami mengambil kesimpulan sebagai berikut:


Berdasarkan hasil diskusi kelompok kami, kami menarik kesimpulan bahwa PT. Sukses Karya Perdana menganut sistem penyebaran pesan secara berurutan . Penyampain pesan yang dimaksud disini adalah jika seseorang (si A) ingin menyampaikan suatu pesan kepada atasannya (si D), maka seseorang tersebut harus tetap menyampaikan pesannya terlebih dahulu kepada ke-2 atasan lainnya (si B dan si C). Itu semua dimaksudkan agar suatu perusahaan dalam melaksanakan kinerjanya dapat teroganisasi dengan baik dan teratur.
Selain itu, di dalam pelaksanaanya PT.Sukses Karya Perdana, setiap seminggu sekali mengadakan rapat koordinasi untuk seluruh divisi yang dihadiri setiap manager dari masing-masing divisi tersebut sebagai perwakilannya. Rapat Koordinasi mingguan yang telah ditetapkan PT.SKP ditujukan agar seluruh masalah, saran dan juga kritikan dari masing-masing divisi dapat dikumpulkan menjadi satu dan dapat dibahas secara bersama - sama. Maksud lainnya adalah agar semua masukan dari masing-masing divisi tersebut dapat cepat mendapatkan solusi yang terbaik (Komunikasi ke Atas) yaitu komunikasi dari bawahan menyampaikan pesan ataupun keluh kesah keatasan.
Seperti biasanya, seminggu setelah rapat koordinasi berlangsung, masalah yang terjadi pada pembahasan rapat koordinasi sebelumnya sudah mendapatkan jalan keluarnya. Sehingga pada rapat koordinasi selanjutnya direksi dapat menyampaikan solusi yang terbaik pada masing-masing manager divisi supaya dapat cepat direaisasikan ke masing-masing divisinya (Komunikasi ke Bawah) yaitu dari atasan menyampaikan pesan kepada bawahanya. Dalam hal ini PT.SKP juga menggunakan sistem penyampaian pesan pola roda, Dimana setiap ada permasalahan dari masing-masing divisi disampaikan ke satu orang atau atasannya masing-masing dan kemudian atasan dari divisi tersebut segera mengambil tindakan untuk menindaklanjuti masalah tersebut.
Jika hasil dalam rapat koordinasi tersebut perlu disampaikan kepada beberapa karyawan atau seluruh karyawan PT.SKP, maka divisi yang ditunjuk atau yang bertanggung jawab atas masalah tersebut akan langsung mengeluarkan Internal Memo sebagai pemberitahuan yang akan disampaikan. Internal Memo adalah surat yang dibuat dari dalam perusahaan yang ditujukan kepada beberapa karyawan atau seluruh karyawan perusahaan tersebut (tidak keluar dari perusahaan) yang merupakan masalah interen perusahaan tersebut.
Setiap perusahaan memiliki sistem penyampaian pesan sendiri menurut sistem yang mereka anut dalam perusahaan tersebut. Dan dalam segala sistem penyampaian pesan yang dipakai setiap sistemnya mempunyai kelmahan dan kelebihan.




KELEMAHAN DAN KELEBIHAN DARI SISTEM PENYAMPAIAN PESAN SECARA BERURUTAN

KELEMAHAN :
1. Sistem penyampaian pesan dari seseorang (si A) secara berurutan memiliki kekurangan karena kurangnya efisiensi waktu dalam menyampaikan masalah yang terjadi. Sehingga dalam penyelesaian masalahnya terlalu lama.
2. Meeting koordinasi sebaiknya satu minggu dua kali, karena apabila meeting dilakukan seminggu sekai, hubungan antar divisi yang satu dengan divisi yang lainnya jadi kurang bisa bertukar pikiran ataupun kurang terbuka. Sehingga dapat memakan waktu yang lama dalam menyatukan visi dan misi suatu perusahaan.


KELEBIHAN :
1. Struktur organisasi di dalam perusahaan terorganisir dan teratur
2. Penyampaian komunikasinya rapi (komunikasi kebawah dan keatasnya lancar dan teratur)
3. Dalam menghadapi masalah PT.SKP selalu bisa mendapatkan solusi terbaik


SARAN

1. Seharusnya dalam suatu perusahaan, jika terjadi suatu masalah yang sanagt penting, seseorang (si A) bisa langsung ikut menyampaikan pesan tersebut kepada pihak yang ingin disampaikannya. Sehingga tidak terjadi keterlambatan waktu dalam penyelesaian masalah.
2. Sebaiknya meeting koordinasi dilakukan dua kali dalam seminggu sehingga dapat semakin mempererat hubungan antar divisi yang satu dengan divisi yang lainnya. Selain itu, antar divisi pun juga semakin akrab dalah hal bertukar pikiran mengenai masalah pekerjaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar